Asal Muasal Kota Wedi,Klaten


Peta kecamatan Wedi,KlatenWedi adalah kota kecamatan di bawah wilayah kabupaten Klaten,Jawa Tengah.

Asal muasal dinamakan Wedi konon berasal dari salah satu perjalanan spiritual Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga dulu berteman dekat dengan Sunan Pandanaran atau dikenal juga dengan Sunan Tembayat. Ketika sedang berjalan-jalan di dekat daerah Sunan Tembayat,Sunan Kalijaga melihat orang kaya yang menaiki pedati dengan pongahnya.

Sunan Kalijaga bertanya kepada orang itu :”Apa yang kau bawa?Karung ini berisi apa?”,orang kaya itu menjawab dengan acuh :”Wedi”. Wedi adalah bahasa jawa dari Pasir, Wedi = Pasir.

Sunan Kalijaga bertanya lagi,”Apa yang kau bawa?Karung ini berisi apa?”.orang itu dengan ketus menjawab ,”Wedi”. Mungkin karena takut dirampok atau takut diminta berasnya,maka orang kaya itu menjawab bahwa karung yang dia bawa berisi pasir.

Setelah tiga kali bertanya dengan pertanyaan yang sama,dan dijawab dengan jawaban yang sama,maka Sunan Kalijaga kemudian menusuk karung di dalam pedati itu. Dan terjadilah..bukan beras yang keluar dari karung itu,melainkan pasir (wedi)yang mengucur deras dari karung itu. Beras berubah menjadi pasir.

Sejak itulah daerah itu dikenal dengan nama WEDI,yang berarti pasir.

Akibat kesombongan,ketamakan dan kebohongan orang kaya itu,beras berubah menjadi pasir. Moral cerita ini adalah kita harus selalu berbagi dan menolong orang lain yang sedang susah,dan jangan sombong,selalu ingin menang sendiri dan berfoya-foya diatas penderitaan orang lain.

-cebonx-

4 thoughts on “Asal Muasal Kota Wedi,Klaten

  1. Saya sangat berkesan dan bangga d lahirkan dan d besarkan d kota wedi biarpun sekarang saya merantau dan mencari nafkah serta hidup di bekasi, tetapi saya tdak bisa melupakan kota kelahiran saya yang saat sekarang ini cukup ramai dan berkembang terutama dalam bidang perekonomian. 28 tahun lamanya saya meninggalkan kota wedi dan ketika saya kembali seolah – olah saya tidak d ijinkan tuk meninggalkan kota wedi kembali, dan karena teman2 lama semasa saya duduk SMP MUH WEDI yang masih setia dan baik hati serta mengingatkan saya seperti saya masih duduk d bangku sekolah. Yang jelas the best kota wedi. Salam rekan2 SMP MUH WEDI dari LANJI TANJUNGAN.

  2. Saya sangat berkesan dan bangga d lahirkan dan d besarkan d kota wedi biarpun sekarang saya merantau dan mencari nafkah serta hidup di bekasi, tetapi saya tdak bisa melupakan kota kelahiran saya yang saat sekarang ini cukup ramai dan berkembang terutama dalam bidang perekonomian. 28 tahun lamanya saya meninggalkan kota wedi dan ketika saya kembali seolah – olah saya tidak d ijinkan tuk meninggalkan kota wedi kembali, dan karena teman2 lama semasa saya duduk SMP MUH WEDI yang masih setia dan baik hati serta mengingatkan saya seperti saya masih duduk d bangku sekolah. Yang jelas the best kota wedi. Salam rekan2 SMP MUH WEDI dari LANJI TANJUNGAN ( 082123143335, 02190406163 ).

  3. “WEDI” yang berarti “PASIR” seharusnya ditulis “WEDHI” karena kalau ditulis “WEDI” artinya “TAKUT”. Trim

Tinggalkan Balasan

